- Pengertian
Electronic Commerce (E-Commerce) secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen (Consumers), Manufaktur, Internet Service Provider (ISP) dan Pedagang Perantara (Intermediateries) dengan menggunakan media elektronik. Dalam hal ini media elektronik utama dengan menggunakan internet. - 5 Konsep Dasar E-Commerce
- Automation: Otomasi bisnis proses sebagai pengganti proses manual (konsep “enterprise resource planning”)
- Streamlining / Integration: Proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif (konsep “just in time”).
- Publishing: Kemudahan berkomunikasi dan berpromosi untuk produk dan jasa yang diperdagangkan (konsep “electronic cataloging”)
- Interaction: Pertukaran informasi/data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human error (konsep “electronic data interchange”)
- Transaction: Kesepakatan dua pelaku bisnis untuk bertransaksi dengan melibatkan institusi lain sebagai fungsi pembayar (konsep “electronic payment").
- Perkembangan E-commerce di Indonesia
- 1. Kultur
- - Masyarakat Indonesia, yang masih belum terbiasa dengan berbelanja dengan katalog.
- - Masih harus melihat secara fisik atau memegang barang yang akan dijual.
- - Masih senang menawar harga yang dijual.
- 2. Kepercayaan
- - Kepercayaan antara penjual dan pembeli masih tipis.
- - Kepercayaan kepada pembayaran elektronik masih kurang.
- - Penggunaan masih jarang.
- - Perkembangan E-commerce Internasional
Menurut Survei yang dilakukan oleh So-Net (Southbourne Internet) www.southbourne.com, Tahun 2005 konsumen membelanjakan diatas £ 80 Milyar ($143 Milyar) naik sebesar 22% dari 2004 dari figur perbelanjaan online menurut suatu laporan dari Comscore Jaringan (http://www.comscore.com/press/pr.asp ).
- Ruang Lingkup E-Commerce
- Business To Business (B2B)
Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar.
Karakteristik: - - Pertukaran informasi yang dilakukan antar pembisnis tersebut atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
- - Pertukaran Informasi yang dilakukan dengan format yang sudah disepakati dan Service sistem yang digunakan antar kedua pembisnis juga menggunakan standard yang sama.
- - Salah satu pelaku bisnis tidak harus menunggu rekan bisnisnya untuk mengirimkan datanya.
- - Sarana yang digunakan EDI (Electronic Data Interchange )
- - Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dengan model ini antar pelaku bisnis lebih mudah untuk mendistribusikan informasi yang dimilikinya.
- To Consumer ( B2C)
Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.
Karakteristik: - - Informasi disebarkan secar umum.
- - Pelayanan yang diberikan bersifat umum sehingga banyak digunakan oleh banyak -orang.
- - Pelayanan yang diberikan berdasarkan permintaan. Konsumen melakukan permintaan, -maka pelaku usaha harus cepat dan siap merespon permintaan konsumen tersebut.
- - Pendekatan yang dilakukan adalah Client Server, dimana Konsumen berada pada sisi Client, dengan menggunakan Web Broses untuk mengaksesnya, dan Pelaku Usaha berada pada sisi Server
- Consumer To Consumer (C2C)
Merupakan sistem komunikasi dan transaksi bisnis antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.
Karakteristik: - - Pada lingkup konsumen ke konsumen bersifat khusus karena transaksi yang dilakukan hanya antar konsumen saja, seperti Lelang Barang.
- - Internet dijadikan sebagai sarana tukar menukar informasi tentang produk, harga, kualitas dan pelayanannya.
- - Konsumen juga membentuk komunitas pengguna atau penggemar suatu produk. Sehingga jika ada ketidak puasan suatu produk, maka akan segera tersebar luas melalui komunitas tersebut.
E-Business
Pengertian
E-business merupakan suatu istilah yang digunakan untuk memberi nama pada kegiatan bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet.
Manfaat E-business
A. Memperpendek jarak
B. Perluasan pasar
C. Perluasan jaringan mitra kerja
D. Biaya terkendali
E. Efisien
F. Cash flow terjamin
G. Manfaat lainnya : meningkatkan citra perusahaan, meningkatkan layanan konsumen, menyederhanakan proses, meningkatkan produktivitas, mempermudah akses informasi, mengurangi biaya transportasi dan meningkatkan fleksibilitas.
B. Without boundary (tdk terbatas)
C. 24 jam online
D. Interaktif
E. Hyerlink (saling berhubungan)
F. No cencorship
E-business merupakan suatu istilah yang digunakan untuk memberi nama pada kegiatan bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet.
Manfaat E-business
A. Memperpendek jarak
B. Perluasan pasar
C. Perluasan jaringan mitra kerja
D. Biaya terkendali
E. Efisien
F. Cash flow terjamin
G. Manfaat lainnya : meningkatkan citra perusahaan, meningkatkan layanan konsumen, menyederhanakan proses, meningkatkan produktivitas, mempermudah akses informasi, mengurangi biaya transportasi dan meningkatkan fleksibilitas.
- Keunggulan E-business
B. Without boundary (tdk terbatas)
C. 24 jam online
D. Interaktif
E. Hyerlink (saling berhubungan)
F. No cencorship
- Model-Model E-Business
Tipe
dari E-Business
|
Karakteristik
|
B2C
|
Organisasi individu
Nilai Uang yg dilibatkan
lebih kecil
Transaksi satu-waktu atau tdk
sering terjadi
Secara Relatif Sederhana
|
B2B
B2G
B2E
|
Antar-Organisasi
Nilai Uang yang dilibatkan
lebih besar
Hubungan yg kuat dan
berkelanjutan
Pemberian kredit oleh penjual
ke pelanggan
Lebih Komplek
|
- Kendala E-Business di Indonesia
A. Belum adanya budaya high trust di masyarakat
B. Sarana belum memadai
C. Skill SDM masih rendah
D. Layanan pendukung masih minim (transportasi, teknologi perbankan, dll)
E. Banyaknya kasus kejahatan di internet
F. Harga di internet tidak bisa ditawar
G. Barang tidak dapat dipegang
Sumber:1. Klik Disini 2. Klik Disini 3. Klik Disini
No comments
Post a Comment